Bekasi, Kota Pejuang




Hasil gambar untuk kota bekasi



Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Inddonesia Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini Kota ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri, kota Bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan/ Kota Pejuang.

Walaupun sebagian orang menyebut kota Bekasi adalah “Planet Bekasi” yang asal muasal sebutan itu di buat karena kemacetan yang terjadi di kota ini menyaingi ibu kota Jakarta. Jadi, Bekasi adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan daerah Jakarta sang Ibukota Indonesia, yang dalam isitilah adalah urban. Banyak sekali masyarakat Bekasi yang bekerja di Jakarta dan juga sebaliknya. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Jakarta, menyebabkan Bekasi menjadi salah satu kota yang paling cepet mengalami perubahan dalam hal sosial, seperti ilmu pengetahuan.

Kebudayaan bekasi itu campuran “Betawi’ dengan “Sunda”, mayoritas warga kota bekasi berasal dari Jakarta dan sebagian daerah Kota Bekasi merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat yang merupakan territorial Sunda.

Beberapa budaya yang ada di bekasi yang saya ketahui:

1. Batik Bekasi
2. Kesenian Tari Topeng
3. Kesenian Ujungan
4. Tanjidor Bekasi
5. Tradisi Berebut Dandang
6. Tradisi Sedekah Bumi
7. Wayang Kulit Bekasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Telkom University

Asrama Telkom University

Biodata